UPT Taman Budaya Menggelar Sendratari dengan memgambil judul "Panglima Utar"

0
Palangkaraya,  tianbalanga. Com-Disbudpar Kalteng Melalui UPT Taman Budaya Menggelar Sendratari dengan memgambil judul "Panglima Utar" yang merupakan tokoh Pahlawan Nasional dari Kotawaringin Barat. Sendratari ini digelar si UPT Taman Budaya,  Jl. Temanggung Tilung  Palangkaraya, Sabtu (2/12/2023)


Sendra Tari pada akhir pekan ini bertajuk Panglima Utar Amuk Banua Kumai yang menceritakan tokoh pejuang dari Kumai Kotawaringin Barat.

Sosok Panglima Utar merupakan tokoh masyarakat yang pada masanya hanyalah seorang tokoh muslim.

Namun kemudian ada sebuah tindakan perlawanan terhadap penjajahan dan mendukung kemerdekaan Indonesia.


Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko berharap, pagelaran Sendra Tari dapat memberi dampak positif.

Ia ingin Sendra Tari mampu menggugah dan memberi dorongan motivasi bagi para pengelola sanggar untuk lebih giat membangun dan meningkatkan kreatifitas.

"(Kreativitas) melalui seni budaya Kalteng dalam rangka menarik para wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kalteng," ungkap Yuas di di Panggung Teater Terbuka Taman Budaya Kalteng Jl. Temanggung Tilung XIII Palangka Raya,


Sementara Itu Kepala UPT Taman Budaya . Wilda binti dalam kata sambutanmya menyampaikan memberika apresiasi kepada para pihak yang terlibat sehinhga pentas sendratari ini sangat memuaskan tidak mengecewakan,  terlebih diambil dari latar belakang sejarah perjuangan putra daerah. 

"Bertema memang latar belakang itu diangkat dari sejarah Panglima utar sendiri kan salah satu tokoh sejarah dari Kotawaringin Barat .Tokoh perjuangan ini masih dalam rangka menegakkan kemerdekaan proklamasi " ujaranya
"Kru penari dengan seru total seluruhnya dengan baik yang di depan maupun belakang layar kurang lebih 60 mungkin dari kegiatan ini apa saja yang bisa disampaikan harapannya jadi yang surprise yang cukup surprise buat kami pada malam hari ini ada anak keturunan ya Jadi ada cucu dari tokoh cucu dari Panglima utar khusus datang dari Kobar untuk menghadiri dalam Masih dalam rangka yang ikut pahlawan saya member kemarin ya jadi sesekali bolehlah kita mengangkat sendratari yang dengan latar belakang sejarah jadi bukan cuma legenda atau karena sejarah pun perlu supaya masyarakat tahu bahwa mamuk di bawah ini di bawah pimpinan Panglima Utara tapi dituangkan dalam bentuk apa dalam bentuk sendrata bergabung di sini dan itu dipilih mereka sudah mempersiapkan ini di bawah director dan juga koreografer yang turun langsung untuk Menggali, tuturnya ketika diwawancarai awak media

(Lili/BLG)











Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)