Dispursip Kalteng Gelar Rapat Koordinasi Bunda Literasi Tahun 2023.

0

Palangkaraya, Tianbalanga.com- Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda Literasi Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat sinergi stakeholder dalam meningkatkan budaya gemar membaca dan menulis masyarakat.

Rakor ini resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekobang) Sri Widanarni yang hadir mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pertemuan Seruyan 2, M Bahalap Hotel Palangka Raya, Jumat (8/12/2023).


Hadir dalam acara pembukaan Rakor ini, antara lain Bunda Literasi Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dispursip Provinsi Kalteng Nunu Andriani Edy Pratowo, dan Penjabat (Pj.) Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.


Dalam kesempatan ini, Asisten Ekobang mengungkapkan bahwa Gubernur Sugianto Sabran sangat menyambut baik kegiatan Rakor Bunda Literasi Se-Kalteng yang diharapkan dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan budaya gemar membaca masyarakat Kalteng.

“Sebagai salah satu upaya strategis memperkuat sinergi dan kolaborasi kita semua untuk bersama-sama meningkatkan kegemaran membaca dan tingkat literasi masyarakat di Kalimantan Tengah,” kata Asisten Ekobang saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.


Selanjutnya, , Bunda Literasi memiliki peran strategis dalam peningkatan budaya gemar membaca. “Peran Bunda Literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota  sangatlah penting dalam membantu Pemerintah Daerah untuk  menggalakkan promosi gemar membaca,” terang Gubernur melalui Asisten Ekobang.

Ditegaskan pula oleh Gubernur, budaya gemar membaca dan menulis atau literasi itu salah satu kunci menciptakan Sumber Daya Manusia unggul yang mampu memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.  “Mari bersama-sama kita majukan literasi di Kalimantan Tengah demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH,” pungkasnya.


Lebih lanjut, kegiatan Rakor kali ini dirangkai pula dengan Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten/Kota Se-Kalteng. Pengukuhan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor: 041/2560/Dispursip.4/2023 tanggal 8 Desember 2023

Sebanyak 6 orang Bunda Literasi Kabupaten/Kota dikukuhkan, yaitu Hera Nugrahayu sebagai Bunda Literasi Kota Palangka Raya, Melsi Hermon Bunda sebagai Literasi Kabupaten Murung Raya, Agustina Kaspinor sebagai Bunda Literasi Sukamara, dan Sumiati Syaiful sebagai Bunda Literasi Kabupaten Katingan. 

Kemudian, ada pula Agustina Sri Rejeki Erlin Hardi sebagai Bunda Literasi Kapuas dan Melly Novita Indra Gunawan sebagai Bunda Literasi Kabupaten Barito Utara. Selesai mengukuhkan, Bunda Literasi Kalteng secara simbolis memasangkan selempang kepada para Bunda Literasi Kabupaten/Kota tersebut. 


Dalam sambutannya, Bunda Literasi Kalteng mengingatkan kepada Bunda Literasi Kabupaten/Kota yang dikukuhkan agar berkomitmen dalam upaya mendukung peningkatan literasi dan budaya gemar membaca masyarakat di Kalimantan Tengah.


"Di sini nanti akan ada Bunda Literasi yang dilantik dari kabupaten dan kota, diharapkan juga nanti setelah dikukuhkan, Bu, jangan hanya simbolis saja ya Bu, tetapi benar-benar Bunda Literasi ini bekerja dan dampaknya bisa dirasakan masyarakat," pesan Bunda Literasi Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Kemudian ditegaskan Ivo, literasi berperan penting dalam membangun SDM unggul. "Literasi memberikan kontribusi positif dalam rangka menciptakan tenaga kerja yang terampil, lalu punya keahlian, karena kita tahu Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas ini juga merupakan kunci dari negara-negara maju," tegasnya.


Selanjutnya dibeberkan pula, Indeks Literasi di Indonesia masih sangat rendah, berada di peringkat ke-62 dari 70 Negara. Oleh karena itu, Ivo mengajak Bunda Literasi Kabupaten/Kota dan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama memajukan literasi di Indonesia umumnya dan Kalteng khususnya.

"Tentunya ini butuh kerja sama secara masif dan juga serentak dari para stakeholders, dan juga tentunya lembaga, baik pemerintah dan swasta, untuk kita semua membudayakan gemar membaca di Kalimantan Tengah," pungkas Ivo Sugianto Sabran. 
(Lili/TB)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)