Cegah Radikalisme dan Terorisme, BNPT dan FKPT Prov. Kalteng Gelar "Kampanye Damai Beragama dan Pembuatan Video Bahan Ajar Video Pendek “

0

Palangka Raya, tianbalanga.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalteng selenggarakan Camping Keberagaman dalam Pencegahan Radikalisme Terorisme dengan Kampanye Damai Beragama dan Pembuatan Video Bahan Ajar Video Pendek “Berkolaborasi Untuk Damai Beragama di sekolah” Tahun 2023 diselenggarakan di  Aula Asrama Haji Al-Mabrur, Aula Asrama Haji Al-Mabrur, Selasa (18/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini,  Unsur Forkopimda Prov. Kalteng atau mewakili, Kepala Kesbangpol Prov. Kalteng Katma F. Dirun, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Para Narasumber, Para Pejabat BNPT, Para pejabat FKPT Prov. Kalteng, serta Para Guru yang menjadi peserta.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Setda Prov. Kalteng) Kaspinor mewakili Gubernur Kalteng sekaligus menyampaikan Sambutan Gubernur Kalteng. 

Mengawali sambutannya, Kaspinor saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan pasca Pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia sudah mulai bangkit dengan ditandai pulihnya aktivitas kehidupan masyarakat, pelayanan publik dan semakin membaiknya kehidupan ekonomi masyarakat. Pada saat yang sama, bangsa Indonesia juga masih dihadapkan pada persoalan Radikalisme Terorisme yang masih mangganggu kebangkitan aktivitas masyarakat.

Untuk hasil penelitian Indeks Potensi Radikalisme (IPR) di Kalteng, Indeks Potensi Radikalisme tahun 2020 adalah 16,6% kemudian turun menjadi 12,0% pada kondisi tahun 2022, dengan Dimensi Pemahaman 15,4%, Dimensi Sikap 19,5%, dan Dimensi Tindakan 1,2%. Hasil indeks sebesar 12,0 pada kondisi tahun 2022 ini disebutkan Ketua FKPT Kalteng masuk kategori aman.

Kaspinor berharap dapat terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara BNPT, FKPT dengan Pemerintah Daerah dan para pengelola lembaga pendidikan dalam rangka melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran paham radikal terorisme. 

“Lebih penting lagi para Guru menjadi semakin banyak pilihan/ alternatif Bahan Ajar baik menggunakan Video Tik Tok maupun Instagram sebagai bahan Kampanye Damai Beragama”, tutupnya. 

Ditempat yang sama,  Ketua FKPT Prov. Kalteng Khairil Anwar dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI bekerjasama dengan FKPT Prov. Kalteng. Salah satu tujuannya adalah tersusunnya rencana aksi bersama Guru Lintas Agama dalam rangka Pencegahan Terorisme di Sekolah dan adanya Deklarasi bersama Para Guru untuk Siap Cegah Terorisme di Sekolah dan Lembaga Pendidikan menjadi terlindungi dari pengaruh penyebaran paham radikal terorisme.*****

RB/Ira/Nala/Delita

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)