Kalimantan Fire and Rescue Challenge Ke-2 Resmi Ditutup

0


Palangkaraya-tianbalanga-com-Closing Ceremony Kalimantan Fire and Rescue Challenge Ke -2, resmi ditutup hari ini (9/6/2023) di Bahalap Hotel, Ruang Seruyan 1 dan 2 di Palangkaraya. 
Ditutup secara simbolis oleh Dwimanto Herlambang. 

Dalam acara penutupan ini dimulai dengan penggalangan dana,  lelang"share for hope" berupa beberapa orang yang siap dicukur rambutnya sampai habis (botak secara simbolis ) yang hasilnya nanti didonasikan bagi anak-anak penderita kanker Indonesia, khususnya di Kalteng.

Perkumpulan profesi tanggap darurat Kalimantan dan Forum Kepala Teknik Tambang Kalimantan Tengah melaksanakan event 2nd Kalimantan Fire And Rescue Challenge yang dilaksanakan dari tanggal 4 s/d 10 Juni 2023.

 M. Idrus  Selaku Ketua Teknikal Event 2nd Kalimantan Fire and Rescue Challenge, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari perhimpunan tanggap darurat pertambangan Kalimantan.   dalam kata sambutannya pada penutupan acara ini mengatakan, Menurutnya, 2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge dibuat sebagai wadah saling belajar satu dengan yang lain, antar tim, berbagi ilmu rescue, tingkat lanjut serta teknologi dan kerjasama untuk mencegah korban jiwa dan cedera dalam melakukan operasi penyelamatan.
“Salah satu tujuan KFRC adalah untuk mempromosikan pencegahan cedera, melalui edukasi dan kesiapsiagaan bagi semua tim dengan memperkenalkan serta membangun konsep tingkat nasional dan internasional,” jelasnya.

Konsep KFRC adalah memperkenankan tim untuk menangani insiden seperti kecelakaan jalan raya dengan 7 korban sementara tim lain dapat menyaksikan dan belajar darinya.

Setiap tim selanjutnya diberikan skenario yang sama dimana mereka dapat menerapkan prosedur dan teknik yang berbeda, yang semuanya akan dinilai.

Ditermpat yang sama , Ketua Profesi Tanggap Darurat Pertambangan Kalimantan, Dany Irawan dalam kata sambutannya,  "Di mulai pada penyelenggaraan KFRC yang ke 2 pada tahun 2023 kali ini, T r o p y K FR C  a k a n 
m e m p e r e b u t k a n  p i a l a  Bergilir dari Direktur Teknik Lingkungan Mineral dan Batubara (Dirtekling),Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Mari kita berikan applaus atas perhatian dan support yang luar biasa dari Dirtekling Kementerian ESDM) Penyelenggaraan 2nd KFRC di Kota Palangka Raya sejak tanggal 3 – 9 Juni turut membantu dalam memutar aspek perekonomian di Kota Palangka Raya seperti penyediaan catering, rentalkendaraan, akomodasi, laundry dan kebutuhan lainnya dengan nilai rupiah kurang lebih 2 Miliar." jelasnya

Selain itu, seluruh tim peserta 2nd KFRC dalam rangka mempertingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada hari ini, Jumat, 9 Juni 2023 melakukan aksi nyata Bhakti Sosial dengan Thema KENDALIKAN SAMPAH PLASTIK di Alun Alun Taman Pasuk Kameloh .
"Kami berharap, Kegiatan KFRC yang ke 2 tahun 2023 ini dapat menjadi sarana bersilaturahmi, saling bertukar informasi dan sinergi antar tim tanggap darurat dari seluruh perusahaan pertambangan mineral dan batubara yang ada di wilayah Kalimantan dan Maluku Utara sheingga kegiatan ini dapat lebih meningkatkan kemampuan para tim tanggap darurat, " ujar Dany

Selalu ingat bahwa dalam penyelamatan, waktu emas atau golden time sangat menentukan keberlangsungan hidup korban, sehingga diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni dan selalu harus ditingkatkan agar terimplementasikan dengan baik.

Selain itu kami dari organizing committee mengharapkan perusahaan yang terlibat mendapatkan manfaat dari KFRC ini, seperti terciptanya anggota tanggap darurat yang memiliki kesamaptaan jasmani yang sangat prima dengan pengetahuan dan kemampuan rescue yang mumpuni sehingga dapat memberikan value dan peran yang positif di lingkungan perusahaan tempat bekerja maupun lingkungan masyarakat secara luas ketika terjadi darurat bencana." tutup Dany

Untuk diketahui tampil sebagai Juara Umum adalah PT Putra  Andi Perkasa yang memenangkan lima kategori dari enam kategori yang dilombakan (RB)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)