Kalimantan Fire and Recue Challenge Ke -2 Digelar di Palangkaraya

0
Palangkaraya, tianbalanga.com-Perhimpunan Profesi Tanggap Darurat Pertambangan Kalimantan menggelar kegiatan "2nd Kalimantan Fire and Challence dilaksanakan di GOR Indoor Cilik Riwut,  Km 5 ( 4/6/2023)pada Minggu sore

Turut hadir,  Kadis ESDM Prov.Kalteng ,Vent Christiway,  MT,  mewakili Pemprov Kalteng Sekda H. Ir. Nuryakin sekaligus membuka secara resmi acara ini, Mewakili Damkar Kota,  Gloria Aden. 

Dalam 2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge ini ada beberapa kategori yang dipertandingkan yakni Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran Hutan, Penyelamatan pada Bangunan Bertingkat, Penyelamatan pada Arus Deras. Kemudian Penyelamatan Kecelakaan Kendaraan dan Firefighter Competency Test serta Firefighter Fitness Drill.

Untuk tahun ini, jumlah peserta masih sama sebanyak 22 peserta dengan satu tim tamu. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Putra Perkasa Abadi, PT Antareja Mahada Makmur, PT Asmin Bara Bronang, PT Borneo Indobara, PT Adaro Minerals Indonesia, PT Balangan Coal, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) site IPR, PT Arutmin Indonesia, PT Sapta Indra Sejati Site MACO, PT Sapta Indra Sejati Site ADMO, PT Adaro Indonesia, PT Kaltim Prima Coal, PT Kideco Jaya Agung, PT Trubaindo Coal Mining, PT Hasnur Riung Sinergi, PT Bhumi Rantau Energi (Tapin), PT Suprabari Mapanindo Mineral, PT Telen Orbit Prima, PT Alam Jaya Bara Pratama PT Riung Mitra Lestari dan PT Kalimantan Prima Persada. Ditambah satu tim tamu yakni PT Nusa Halmahera Mineral
Pembukaan kegiatan 2nd Kalimantan Fire and rescue challenge ini dilaksanakan di GOR Indoor Palangka Raya jalan Tjilik Riwut Km 5.5 dan dibuka secara langsung oleh Sekda Provinsi Kalimantan Tengah H. Nuryakin. 

Ketua Teknikal Event 2nd Kalimantan Fire and Rescue Challenge, M. Idrus  mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari perhimpunan tanggap darurat pertambangan Kalimantan. 

"Tujuannya saling berkomunikasi saling memberikan informasi berkaitan dengan update teknologi di bidang keselamatan pertambangan," ucapnya saat diwawancarai awak media usai acara pembukaan.
M. Idrus menjelaskan, para peserta di kegiatan ini adalah seluruh perusahaan pertambangan Batu bara yang ada di regional Kalimantan. 

"Kegiatan ini juga memberitahukan pengetahuan terkait teknik-teknik untuk melakukan penyelamatan di pertambangan," katanya.

Kemudian saat ditanyakan terkait apakah tim diluar keselamatan pertambangan bisa diikutsertakan dalam challenge ini, M idrus mengatakan boleh ikut serta tapi sebagai offserver.

Selain itu, M. Idrus mengatakan juri dari challenge ini dari perhimpunan profesi tanggap darurat di bidang energi Indonesia atau Pertapindo yang mengelola kegiatan nasional dibawah direktorat teknik lingkungan mineral dan Batu bara. 

Juri-juri ini adalah orang-orang yang sudah mempunyai sertifikasi terkait keahlian di bidang keselamatan," imbuhnya. 
Sementara itu Kadis ESDM Prov Kalteng, Vent Christiway dalam keterangannya kepada awak media mengatakan,  "Dengan diadakannya event ini di Kalimantan Tengah, di Palangkaraya hal ini dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Kalteng,  khususnya Kota Palangkaraya, diantaranya Hotel-Hotel,  Penginapan,  Kuliner. Objek Pariwisata mendapat pemasukkan,  pungkasnya.. RB

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)