DPW GEKRAFS Kalteng Resmi Dilantik dan Dikukuhkan : Mantafkan Pontensi-Potensi yang ada di Kalteng.

0

Palangkaraya,  Tianbalanga.com- Gerakan Ekonomi Kreatif Nasonal (GEKRAFS) Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Kalimantan Tengah Periode 2023-2026, secara resmi dilantik dan dikukuhkan.Acara ini deselenhgarakan  di Ballroom Kahayan 1, Swiss-bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (22/6/2023) malam.

GEKRAFS adalah gerakan masyarakat dan para pelaku ekonomi kreatif yang memiliki visi bersama yakni belajar, bersinergi, berdaya guna serta sebuah gerbang penggerak ekonomi kreatif yang berfokus pada pengembangan 17 sub sektor ekonomi sebagai pilar ekonomi kreatif masa depan Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno, turut hadir Kadis Koperasi dan UKM Prov. Kalteng Nohani, Ketua Komisi III DPRD Prov. Kalteng membidangi Kesejahteraan Rakyat Siti Nafsiah, serta Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy.

Peserta pelantikan terdiri dari seluruh pengurus atau anggota Gekraf Kalimantan Tengah dan undangan pemerintah daerah.

Ketua panitia kegiatan Kristian, S. Th dalam laporannya secara garis besar menyebut latar belakang kegiatan ini, yaitu untuk membangun dan menumbuh kembangkan kreativitas dibidang priwisata dan ekonomi, khususnya dikalangan anak-anak muda di Kalimantan Tengah, sehingga mampu memiliki daya saing dan berperan aktif dalam mensejahterakan masyarakat di Kalimantan Tengah melalui industri-industri kreatif.

“Tujuan kegiatan ini untuk membangun dan membina hubungan yang baik antar pengurus, baik dewan pengurus pusat, dewan pengurus wilayah maupun pemerintah daerah, agar ke depannya dapat bersinergi dan tetap saling melengkapi di masa-masa yang akan datang” sebutnya.

“Sebelum pelantikan, kami telah melakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya berkunjung ke beberapa pengrajin, beberapa industri kecil yang ada di Palangka Raya, dan juga ada pembekalan yang dihadiri oleh utusan dari Gekraf pusat, serta melakukan orientasi kepada pengurus dan mahasiswa yang ada di kota Palangka Raya” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutan singkatnya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Leonard S. Ampungmengatakan, keberadaan Gekrafs  Kalimantan Tengah menjadi simpul pelaku ekonomi kreatif yang diharapkan dapat menampung berbagai ide kreatif. Selain itu diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kegiatan bagi para pelaku ekonomi kreatif itu sendiri, yang akan menghasilkan produk yang bernilai ekonomis.

Terlebih lagi dengan keberadaan pengurus GEKRAFS, dapat lebih menguatkan simpul-simpul kreatif di Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya, guna menciptakan peluang lapangan kerja baru demi kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru Nusantara.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan agar seluruh anggota yang tergabung di dalamnya mampu bergerak selaras, memanfaatkan potensi, bersama untuk memajukan sektor ekonomi kreatif yang ada di daerah kita” kata Leo.

Ekonomi Kreatif di Bumi Tambun Bungai ini memang memiliki berbagai tantangan serta hambatan, namun semua tantangan dan hambatan tersebut tentunya harus bisa dijadikan sebagai peluang. Peran GEKRAFS diharapkan bisa mendukung, membina, dan memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif agar bisa lebih maju dan sejahtera serta mampu bersaing di dunia global.

“Dengan berbagai potensi yang dimiliki Kalimantan Tengah, saya yakin dan percaya produk ekonomi kreatif dapat dikembangkan, bahkan produk ekonomi kreatif kita dari segi kualitas tidak kalah dengan produk-produk daerah lainnya” sambungnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, dalam kesempatan ini kami mengajak pengurus GEKRAFS untuk memperkuat komitmen, sinergi dan kolaborasi, dalam memajukan serta mengembangkan produk ekonomi kreatif yang dihasilkan pelaku ekraf kita. Jika pelaku ekraf dan UKM kita maju, tentunya ekonomi akan tumbuh dan masyarakat menjadi tangguh serta sejahtera.

Asisten Ekbang juga mengharapkan “Bekerjalah dengan sepenuh hati untuk mengayomi pelaku ekonomi kreatif di Kalimantan Tengah, dan memperkuat peran strategis GEKRAFS sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam pembangunan perekonomian, demi mendukung terwujudnya Kalimantan Tengah Makin BERKAH untuk Indonesia Maju” tuturnya


Sementara itu Novanita Puspa Kencana, Ketua DPW Gekrafs Kalteng yang baru dilantik dan dikukuhkan dalam keterangan persnya pertamanya mengatakan keberadaan GEKRAFS di Kalteng akan bersinergi dengan pemerintah juga merupakan wadah untuk menampung setiap potensi-potensi ekonomi kreatif ynag ada di Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut, penggagas Teh Celup Bawang Dayak dan Pencipta sedotan dari purun ini mengtakan,  "jangan ada ketidaktahuan, kita harus mengumumkan ke khalayak ramai bahwa Kalteng itu punya ekonomi kreatif yang lebih keren,  yang bagus sehingga kita sejahtera", tuturnya


Lebih lanjut Novanita mengharapkan tentang program kedepan dari Gekrafs Kalteng akan ada event yang memperkenal tentang Dayak.
"Dayak itu bukan cuma hutan , Dayak itu walau jauh tetapi Dayak itu punya orang-orang yang potensial, bertalenta,  serta tempat yang eksotis, air sungai gambut yang unik serta tempat-tempat wisata yang menarik semoga bisa terekspos di event itu, "pungkas Novanita

Acara Pelantikkan dan Pengukuhan ini dirangkai juga dengan penyerahan piagam,  dan Piala serta uang pembinaan bagi para pemenang lomba Hasta Karya Tingkat SD sekota Palangkaraya.
**RB*/Nala

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)