Jagau Barsel dan Bawi Nyai Kobar Terpilih sebagai Pemenang Putra/Putri Pariwisata Kalteng Tahun 2023

0



PALANGKARAYA, -Tianbalanga.com- Perhelatan Grand Final Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata untuk menentukan pemenang Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023, digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (26/5/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Kalteng, Bupati Kab. Gumas,  Jaya. S. Monong,  Para Dewan Juri, Para Pemerhati budaya, para seniman dan seluruh peserta.

Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata ini dilaksanakan selama 6 hari, sejak tanggal 22 sd 27 Mei 2023. Kegiatan diawali dengan Sashing ceremony pemasangan selempang kepada seluruh peserta. Kemudian sesi pembekalan oleh Adwindo, yang dilanjutkan dengan mengikuti pembukaan FBIM di GOR Indoor. Hari ke 2, mengikuti upacara HUT Kalteng di Kantor Gubernur. Hari ke 3, berkunjung ke beberapa destinasi wisata yaitu UPT Museum, tugu Soekarno, UPT Taman Budaya, dan Dekranasda. Hari ke 4, mengikuti FGD dan malam unjuk bakat di Aula Jayang Tingang, dan malam ini, telah memasuki grand final untuk menentukan pemenang Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng tahun 2023

Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2023. Acara ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris 1 TP- PKK Hj. Adiah Chandra Sari yang juga merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng mewakili Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Dalam kata Sambutannya,  Adiah Chandra Sari mengatakan, "Generasi muda memiliki interaksi paling dekat dengan teknologi dan sosial media. Sudah saatnyalah generasi muda untuk berkontribusi dan mengambil peran, menjadi penggerak perubahan yang dapat mengedukasi masyarakat, membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata”, ucap Adiah.

Lebih lanjut Beliau mengatakan, "Menjaga agar sektor pariwisata tetap tumbuh dan berkembang menjadi penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan Kalimantan Tengah yang kita cintai bersama”, pungkasnya.
Menurut sosok  yang rendah hati dan ramah ini,  untuk itulah pemilihan Jagau dan Bawi Nyai pariwisata menjadi penting dilaksanakan, demi menanamkan kecintaan dan kepedulian remaja terhadap budaya dan pengembangan pariwisata di Kalteng. Ia mengutarakan Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai pariwisata, merupakan sarana yang tepat untuk melakukan penetrasi dan promosi pariwisata dengan pendekatan fashion dan gaya kekinian.

Pada kesempatan tersebut, Adiah berpesan agar yang terpilih sebagai putra-putri pariwisata Kalteng tahun 2023 ini, dapat mengemban tugas dengan baik untuk membantu pemerintah daerah memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata ke masyarakat luas.
Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata ini diikuti oleh peserta dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalteng sebanyak 26 orang yang terdiri dari 13 orang Jagau dan 13 orang Bawi Nyai. Untuk pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata tahun ini perwakilan dari Kabupaten Barito Timur tidak ikut.

 Dewan Juri pada pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata ini berasal dari unsur Akademisi, Budayawan, Tokoh perempuan, Praktisi Kesehatan, Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo), Putri Pariwisata Kalteng Tahun 2020, dan Pelaku industri Pariwisata Prov. Kalteng.

Beberapa unsur yang menjadi kriteria penilaian pada pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata ini antara lain wawasan tentang budaya dan pariwisata, kecerdasan, Publik Speaking, Bakat, Kostum, dll. Ada sembilan kategori yang di perlombakan yaitu Best Catwalk, Intelegensia, Busana Terbaik, Favorit, Persahabatan, Fotogenik, Best Sosial Media, Berbakat dan Kebudayaan.

Benaya Yoyada, finalis asal Kabupaten Barito Selatan dan Marcelina Elgiven Paendong finalis asal Kabupaten Kotawaringin Barat resmi terpilih sebagai Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023....RB

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)