Universitas Palangkaraya Gelar Sidang Terbuka Senat Serta Pengukuhan Guru Besar

0



Palangkaraya, Tianbalanga.com Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar Sidang Terbuka Senat dengan agenda Wisuda Program Pascasarjana dan Sarjana periode April Tahun 2023 serta Pengukuhan Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bidang Ilmu Pendidikan (FKIP) Matematika.

Dengan mengambil tempat di Aula Palangka Sidang Terbuka Senat dibuka oleh Ketua Senat, Prof. Dr. Eddy Lion, M.Pd dan l pelaksanaan wisuda di pimpin langsung oleh Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, M.S, Sabtu (29/4).

Dalam kata sambutannya, Rektor  Universitas Palangkarya ,  Prof. Dr. Salampak Dohong,  M.S  menyampaikan, peserta wisuda periode April 2023 berjumlah 719 orang lulusan dengan rincian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 192 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Sarjana 117 lulusan dan Program Pascasarjana 6 lulusan.Untuk mencapai ideal, UPR membutuhkan sebanyak 57 orang sebagai Guru Besar.

Kemudian, Fakultas Pertanian 90 lulusan, Fakultas Teknik 99 lulusan, Fakultas Hukum Program Sarjana 53 lulusan dan Program Pascasarjana 12 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 45 lulusan, Program Pascasarjana Magister 13 lulusan, dan Program Doktoral 2 lulusan.


""Dari 719 lulusan, tercatat lulus dengan pujian sebanyak 148 lulusan, dengan rincian 1 orang dari program Doktoral (S3), 20 orang dari program Magister (S2) dan 127 orang dari Program Sarjana (S1),” katanya.

“Ada 26 dosen yang sudah mengajukan proses penilaian guru besar dan ini sedang berproses. Kita punya 26 orang Guru Besar itu adalah 3% lebih dari seluruh dosen yang ada, idealnya kita punya minimal 10% jadi kita butuh lagi ada sebanyak 57 orang guru besar selain Prof. Dr. Irawan, M.Si tadi,” ungkapnya.

UPR juga sudah melaksanakan pengukuhan Guru Besar pada periode April 2023 yaitu Prof. Dr. Jackson Pasini Mairin, M.Pd.

“Ini kita sudah melakukan pengukuhan satu orang guru besar baru yaitu Profesor Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd. dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam bidang ilmu pendidikan matematika guru besar atau Profesor adalah jabatan akademik tertinggi dari seorang dosen,” ujarnya.

Salampak mengungkapkan, dengan dikukuhnya Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing sebagai seorang seorang guru besar maka akan meningkatkan kinerja UPR.

“Diharapkan juga dengan dikukuhnya beliau akan memotivasi para dosen yang lainnya untuk berlomba menggapai jabatan akademik tertinggi di perguruan tinggi kita ini,” katanya.

Rektor Salampak juga menyampaikan, selain Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd. UPR sebenarnya juga sudah mendapat tambahan seorang guru besar di bidang ilmu ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Prof. Dr. Irawan M.Si dalam bidang ilmu ekonomi sumber daya alam dan lingkungan. Dimana beliau akan segera dikukuhkan.

“Kita sebenarnya sudah juga mempunyai calon guru besar yang hari ini sudah proses dan menunggu SK dari Kementerian dan ada 11 orang dalam proses penilaian kemudian sampai hari ini selain 11 orang itu ada 10 orang yang sudah mengurus persyaratan untuk menjadi guru besar jadi kita berharap pada tahun 2023 Universitas Palangkaraya kita doakan semoga teman-teman kita berhasil,” tuturnya.

Profesor yang ramah dan rendah hati ini ketika dibincangi oleh awak media  tak lupa memberi selamat kepada para wisudawan dan wisudawati serta kepada orang tua, wali dan keluarga atas keberhasilan putra-putri, maupun suami atau istri dalam meraih gelar akademis.

“Gelar akademis yang berhasil disandang dengan kompetensi yang diraih, hendaknya dapat diamalkan dalam menapaki karir dan kembali mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk bangsa dan negara serta tetap menjaga perilaku (attitude), kemandirian dan kerja keras,” pungkasnya.. (RB)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)