MEDIASI GAGAL KARNA PIHAK PT BISMA DHARMA KENCANA MANGKIR

0

Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng memfasilitasi pertemuan masyarakat Desa Bangkuang, Kecamatan Tewang Sangalang Garing dengan PT. Bisma Dharma Kencana untuk membahas tentang Tuntutan Realisasi Kebun Plasma. 

Agenda mediasi yang seharusnya dilaksanakan pada hari Selasa (11/04/23) di Ruang Rapat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, harus ditunda dikarenakan pihak dari PT. Bisma Dharma Kencana tidak hadir dengan alasan Kantor PT. Bisma Dharma Kencana berada di Jakarta dan tidak ada di Kalimantan Tengah, sehingga pihak perusahaan belum berkoordinasi dengan manajemen serta atasan". 

"Disana ada Dusun Bisma, tetapi anehnya desa induknya tidak dikasih plasma, dengan berbagai macam alasan. Kami tidak melarang investor untuk datang ke Kalteng, berinvestasi terhadap sumber daya alam. Tetapi tolong penuhi dahulu kewajiban mereka dengan masyarakat" ujar BUMdes, Kosasih D.A. 
Masalah tersebut sudah berjalan 20 tahun, namun sampai saat ini tidak ada solusi. Bahkan CSR dari pihak perusahaan pun justru lebih banyak menjalankan programnya ke desa lain yang ada disekitar, sehingga masyarakat Desa Bangkuang seperti tidak diperhatikan. 

Pimpinan rapat, Adi Suseno pun menyayangkan ketidakhadiran pihak Perusahaan dalam pertemuan ini, "padahal kita sudah hadir cukup lengkap" ucapnya. 
Sebagai kesepakatan bersama anggota rapat yang hadir, maka ditentukan jadwal pertemuan selanjutnya pada bulan Mei, yaitu hari Rabu (03/05/23). Masyarakat juga berharap Bupati Katingan dapat aktif untuk memfasilitasi penyelesaian masalah ini. Nantinya hasil yang didapat, semua akan diserahkan kepada masyarakat. "Apabila mediasi yang nantinya dilakukan tidak ada solusi (buntu), maka langkah selanjutnya kami akan ke kementerian", ujar Kosasih.
Ditempat yang sama Agus Prabowo Yesto,  wakil dari masyarakat Desa Bangkuang, mengatakan  " Kami warga desa Bangkuang pada dasarnya setuju dengan adanya investor di desa ini,  kami hanya menuntut apa yamg menjadi hak-hak dari warga desa Bangkuang demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa ini. 

Harapan kami di mediasi ulang bulan Mei nanti pihak dari PT  Bisma Dharma Kencana harus hadir dan Bupati Katingan bisa lebih pro aktif atau terlibat langsung dalam upaya mencari solusi antar pihak Perusahaan dan Masyarakat Tewang Sangalang Garing,  secara khusus desa Bangkuang, " pungkasnya.
(RB)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)